GxzUBrBMEEakW66FSTGICNpZ9jjSH2aNOIf0tajj
Bookmark

Mengatur Upah Kerja Bulanan Yang Rendah



Cara mengatur gaji bulanan yang kecil sangat sulit bagi banyak orang. Ini karena kita sering memiliki pengeluaran lebih banyak daripada penghasilan, bukan karena pengeluaran yang besar, tetapi karena penghasilan yang terlalu kecil.

Namun demikian, jika Anda berada di posisi ini saat ini, ada baiknya untuk memulai dengan melapangkan hati dan bersyukur. Sikap ini akan menenangkan pikiran Anda dan memicu ide baru untuk meningkatkan pendapatan.

Lihatlah enam cara ini untuk mengatur gaji bulanan yang kecil. Sangat penting untuk memberi prioritas kepada kebutuhan yang paling penting. Itu benar artikel ini ditujukan untuk mereka yang masih lajang.

  1. Tentukan Anggaran Sebulan Anda, 
  2. Catat Pengeluaran Anda, 
  3. Hindari Utang, 
  4. Utamakan Kebutuhan daripada Keinginan,
  5. Lakukan Penghematan, 
  6. Belajar Investasi Kecil untuk Meningkatkan Penghasilan Anda.

Cara Mengatur Gaji Bulanan yang Kecil 


1. Tentukan Anggaran Sebulan

Ini adalah langkah pertama. Pastikan bahwa gaji Anda cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti tempat tinggal, makanan, transportasi, perlengkapan mandi, jajan, tagihan, dan pulsa.

Ayo kita misalkan bahwa gaji atau upah kerja kecil yang dimaksud adalah Rp 2.000.000. Selain itu, mari kita anggap bahwa Anda tinggal di daerah terpencil, yang berarti Anda harus mengeluarkan biaya.


Tempat tinggal: Cari harga yang layak, aman, dan murah. Untuk membuat daftar dan membandingkannya, jangan ragu untuk mempelajari harga sebanyak mungkin. Selain itu, pertimbangkan jarak dari tempat kerja Anda; mungkin lebih baik untuk pergi jalan kaki atau menggunakan angkot yang cukup. Mari kita anggap biayanya adalah 350.000 rupiah.

Makanan: adalah bagian yang paling mahal. Jika Anda membeli makanan di luar seharga 10 ribu rupiah sekali makan, itu akan menjadi Rp 900 ribu sebulan. Sebaliknya, jika Anda bisa memasak sendiri, itu bisa menjadi 100 ribu rupiah seminggu. Namun, jika itu tidak mungkin, setidaknya masak nasi sendiri untuk menghemat uang. Mari kita anggap bahwa biaya makan adalah 750.000 rupiah.

Transportasi: Pilih transportasi publik yang murah. Jika Anda dapat jalan kaki ke tempat kerja, itu malah lebih baik karena biaya transportasi tidak lebih dari Rp 0. Misalkan Anda memiliki sepeda motor yang membutuhkan bensin, maka biaya bensin sebulan adalah Rp 200.000.

Pulsa: beli paket termurah. Gunakan internet gratis di rumah atau tempat kerja. Misalnya, biaya pulsa adalah 100.000 rupiah per bulan.

Untuk pakaian dan perawatan kulit: pilih produk yang murah dan memiliki nomor BPOM. Kita percaya bahwa setiap hari seratus ribu rupiah dihabiskan untuk hal ini.

Jajan: Anda dapat membeli jajan sesekali sebagai cara untuk mengucapkan terima kasih atas lelahnya Anda saat bekerja. Jatah bulanan adalah 200.000 rupiah.


Jika kita hitung semua biaya yang disebutkan di atas, totalnya menjadi 1,7 juta rupiah. Dari sisa itu, masih ada Rp 300.000 yang dapat digunakan untuk investasi atau tabungan sebesar Rp 100 ribu dan dana jaga-jaga sebesar Rp 200.000.

Dengan perkiraan anggaran ini, Anda bisa mendapatkan gaji 2 juta dalam satu bulan.


2. Catat Pengeluaran 

Meskipun Anda sudah membuat anggaran pada langkah pertama di atas, pastikan untuk menyimpan catatan yang akurat tentang pengeluaran Anda. Mengawasi pengeluaran memiliki banyak keuntungan, termasuk:

  1. Jelilah pengeluaran Anda,
  2. Temukan cara untuk berhemat, 
  3. Evaluasi keuangan. 

Meskipun pengeluaran Anda hanya Rp 2 ribu, catat pengeluaran Anda setiap hari, sehingga Anda dapat melacak ke mana uang tersebut digunakan. Dengan melakukan pencatatan, Anda juga akan lebih menghargai gaji yang Anda terima.

3. Hindari Utang dan Memberi Utang

Sebisa mungkin, hindari utang meskipun gaji Anda kecil. Jika kebutuhan dasar Anda sudah terpenuhi, Anda tidak akan pernah mempertimbangkan untuk berutang. Di bulan berikutnya, Anda akan kesulitan membayar utang karena jumlah uang yang Anda miliki akan berkurang.

Tidak hanya itu, memberi utang adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan. Ingatlah bahwa gaji Anda kecil. Sebisa mungkin, tolak semua orang yang ingin meminjam uang Anda dengan sopan. Meskipun keadaan Anda, Anda memiliki tabungan. Jangan pernah meminjamkan tabungan Anda kepada orang lain.


Tidak memiliki utang akan membuat pikiran dan hidup Anda tenang dan nyaman, memungkinkan Anda untuk fokus pada pengembangan diri sendiri.

4. Utamakan Kebutuhan daripada Keinginan

Ini adalah cara untuk mempertahankan gaji bulanan yang lebih kecil berikutnya. Fokus pada kebutuhan daripada keinginan. Banyak orang mengeluarkan uang hanya untuk memenuhi keinginan mereka.

Sementara keinginan dapat diabaikan tanpa mengganggu hidup, kebutuhan harus dipenuhi.

Pada langkah pertama, tabunglah terlebih dahulu dari dana jaga-jaga yang masih tersisa jika Anda menginginkan sesuatu.

5. Berhemat

Setiap orang berhemat, terlepas dari pendapatan mereka. Jika kualitas sama dengan harga yang lebih rendah, kenapa tidak?

Kalaupun kalian ingin menghemat uang, begitu banyak cara untuk melakukannya. Misalnya, membeli pulsa di toko online seringkali menjadi lebih murah karena ada voucher potongan harga; mengikuti acara yang memiliki makan siang gratis; membawa botol air minum di tempat kerja; dan sebagainya.

Meskipun Anda hanya menghemat seribu dua ribu rupiah, hasilnya akan besar jika Anda mengumpulkannya. Bayangkan jika Anda menghemat sepuluh ribu rupiah setiap minggu untuk bis, maka Anda akan menghemat empat puluh ribu rupiah sebulan. Uang ini dapat digunakan untuk kebutan lain.

6. Tingkatkan Pendapatan


Anda pasti ingin meningkatkan kualitas hidup Anda dengan membeli makanan yang lebih baik, pakaian yang lebih baik, perangkat elektronik yang lebih canggih, harga yang lebih rendah, dan hal-hal lainnya. Jadi, kamu harus yakin bahwa kamu akan mendapatkan gaji yang lebih besar setelah ini, bukan hanya gaji kecil.

Caranya adalah dengan mencari pekerjaan dengan gaji yang lebih besar, mendapatkan pekerjaan sampingan, atau mencari pekerjaan lain dengan gaji yang lebih tinggi.

Penghasilan tinggi biasanya sebanding dengan kemampuan. Oleh karena itu, tingkatkan kemampuan Anda. Senantiasa belajar untuk meningkatkan diri sendiri dan membantu orang melihat potensi mereka dan mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Di dalam penyusunan anggaran di atas, seratus ribu rupiah sudah dialokasikan untuk investasi. Anda harus menyisihkan jumlah tersebut ke tempat investasi pada awal bulan.


Pilih jenis investasi yang sesuai dengan pengetahuan Anda dan profil risiko Anda, seperti deposito, reksa dana, dan emas digital.


Meskipun gajinya kecil, tetaplah berinvetasi untuk membuat kebiasaan dan menyimpan uang untuk masa depan. Investasi memberikan keuntugan, menjadikannya alat untuk melawan inflasi dan melipatgandakan uang.

***

Ini adalah cara terbaik untuk mengelola keuangan Anda dengan gaji kecil. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, ikuti rutin tujuh tips ini.

Posting Komentar

Posting Komentar