GxzUBrBMEEakW66FSTGICNpZ9jjSH2aNOIf0tajj
Bookmark

Membuat Laporan Keuangan dalam Bisnis

Membuat Laporan Keuangan dalam Bisnis


Ada banyak contoh aplikasi keuangan yang bagus, dan aplikasi Majoo adalah salah satunya. Selain itu, tahukah Anda cara membuat laporan keuangan sederhana?

Tidak ada gunanya aplikasi mahal jika Anda sudah menggunakannya tetapi tidak tahu cara menggunakannya untuk membuat laporan.

Aplikasi akuntansi memudahkan Anda membuat laporan, namun pertama-tama Anda perlu mengetahui cara membuat laporan itu sendiri.

Laporan keuangan adalah bagian yang sangat penting dalam bisnis Anda, sehingga Anda perlu mengetahui cara membuatnya mudah dibaca.

Tips Sederhana Membuat Laporan Keuangan

Peran pelaporan keuangan dalam bisnis adalah untuk menunjukkan akuntabilitas operasi bisnis selama beberapa periode. Jika perusahaan memiliki pemangku kepentingan, laporan dikirimkan kepada mereka.

Laporan keuangan ini diperlukan baik untuk perusahaan kecil maupun besar. Sebab melalui laporan ini, status keuangan perusahaan akan terekspos dengan jelas. Dengan cara ini mudah untuk mengetahui apakah ada operasi yang perlu diperbaiki.

Tahapan umum pembuatan laporan adalah pencatatan transaksi, posting ke buku besar, penyusunan neraca saldo, pengumpulan data jurnal, penyusunan lembar kerja, dan terakhir pembuatan laporan keuangan.

Ada banyak jenis laporan keuangan, seperti laporan laba rugi, laporan perubahan modal, neraca, dan laporan arus kas. Agar semua tahapan tersebut berjalan lancar, Anda bisa mengikuti tips berikut ini.


Semua pengeluaran dan pemasukan perlu dicatat

Bisnis Anda pasti memiliki transaksi keluar dan masuk setiap hari. Baik itu pembelian atau penjualan ke konsumen, harus dicatat secara detail. Lupa mencatat transaksi merupakan perilaku buruk yang harus dihindari.

Beberapa penyebab akibat kemalasan atau trading berlebihan harus diatasi karena data trading ini sangat penting. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi kasir yang terintegrasi dengan aplikasi keuangan.

Jadi Anda tinggal memasukkan data transaksi ke aplikasi kasir Anda dan otomatis data tersebut masuk ke aplikasi keuangan Anda. Tidak perlu lagi lupa mencatat sesuatu karena malas atau terlalu banyak transaksi.


Selalu menyampaikan laporan tepat waktu

Laporan keuangan tidak boleh terlambat disiapkan. Baik itu laporan harian, mingguan, atau bulanan. Komitmen yang dibuat pada saat laporan ini dibuat harus dipenuhi untuk menciptakan nilai agar laporan tetap bermanfaat.

Misalnya laporan hari Senin yang seharusnya dilaporkan pada sore hari, namun pada hari Selasa terlambat. Laporan tersebut kemudian menjadi kurang berharga untuk mengembangkan strategi pemasaran keesokan harinya.

Anda akan tertinggal oleh pebisnis lain karena keterlambatan penyerahan. Oleh karena itu, jika Anda berkomitmen dan menetapkan waktu untuk pelaporan, Anda harus memenuhinya tepat waktu.


Mengadopsi basis akrual dibandingkan basis tunai

Dalam akuntansi, dua mode pencatatan biasanya dipilih saat menyiapkan laporan keuangan. Kedua sistem tersebut adalah accrual basis dan cash basis, selalu pilih salah satunya.

Sistem pelaporan kas berfokus pada pencatatan arus kas masuk dan arus kas keluar perusahaan. Model pelaporan kas sangat sederhana, sehingga sebagian besar usaha kecil menggunakannya.

Perbedaan lain dari akuntansi akrual adalah pencatatannya lebih luas cakupannya dibandingkan sekedar kas perusahaan. Ada item lain yang dilaporkan dalam laporan akrual, seperti hutang dan piutang.

Kelengkapan laporan membuatnya lebih layak untuk digunakan. Pelaporan yang lengkap membuat transaksi keuangan tetap lengkap dan akurat.


Deskripsi laporan harus rinci

Tips selanjutnya adalah memberikan beberapa penjelasan detail saat membuat laporan tambahan. Penjelasan ini memudahkan siapapun yang membacanya untuk memahami kesehatan keuangan perusahaan.

Tidak perlu banyak bertanya kepada pembuat laporan mengurangi waktu. Penafsiran ini juga harus dilakukan secara hati-hati agar tidak menimbulkan banyak pertanyaan.


Gunakan aplikasi akuntansi

Terakhir, manfaatkan software atau aplikasi akuntansi untuk mempercepat proses masuk. Untuk usaha kecil, Anda dapat mencoba aplikasi keuangan gratis untuk menyederhanakan pelaporan.

Jika aplikasi gratis dianggap terbatas fungsinya, mulailah menggunakan aplikasi berbayar. Dengan aplikasi berbayar, data pelaporan disimpan di cloud sehingga lebih aman. Laporan juga diproduksi secara digital.

Pentingnya penyusunan laporan keuangan perusahaan tidak bisa dianggap remeh. Anda harus mengetahui cara membuatnya dengan benar dan lengkap. Semoga informasi ini bermanfaat.


salam,

Posting Komentar

Posting Komentar