GxzUBrBMEEakW66FSTGICNpZ9jjSH2aNOIf0tajj
Bookmark

Tips Menabung Untuk Beli Rumah Impian Anda

Tips MenabungUntuk Beli Rumah Impian Anda


Memiliki rumah sendiri adalah dambaan setiap orang. Namun, harga rumah semakin tinggi dari tahun ke tahun. Itu sebabnya banyak orang, terutama kaum milenial, yang masih pesimis bisa mewujudkan impiannya.

Padahal, jika Anda mulai menabung sejak muda, keinginan Anda untuk membeli rumah bisa terwujud. Ya, walaupun harga rumah selalu naik dari waktu ke waktu hingga mencapai angka yang sepertinya tidak terjangkau oleh kita, namun bukan tidak mungkin membeli rumah asalkan kita punya tabungan.    

Tentunya jika kita ingin memiliki rumah, menabung tetap menjadi pilihan terbaik. Jadi sobat tidak perlu pesimis. Ayo mulai menabung sekarang dan wujudkan impian Anda untuk memiliki rumah idaman. Belum terlambat, apalagi jika Anda masih berusia 20-an.

Nah, berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menghemat uang dalam membeli rumah.


Kembangkan kemauan dan tekad yang kuat

Keinginan untuk memiliki rumah tentunya harus dibarengi dengan kemauan dan tekad yang kuat.

Banyak orang yang ingin membeli rumah, namun sayangnya keinginan tersebut hanya sekedar impian karena tidak ada keinginan untuk mewujudkannya. Saya hanya ingin mencoba tetapi tidak mau.

Nah, di situlah pentingnya niat. Sebelum memulai apapun, termasuk saat ingin membeli rumah, Anda harus benar-benar memulainya dengan niat. Jangan lupa niat Anda harus tulus agar bisa membuahkan hasil.

Dari niat inilah muncul tekad. Inilah perbedaan antara disengaja dan tidak disengaja.

Setidaknya dengan memiliki niat menabung untuk membeli rumah, Anda akan tergerak pada perencanaan keuangan yang baik.

Melalui perencanaan keuangan, Anda akan bisa lebih mengontrol pengeluaran Anda. Niat yang Anda ungkapkan juga pasti akan mendorong Anda untuk berkomitmen dan konsisten agar tidak melakukan pembelian dengan mudah dan pada akhirnya Anda mengelola keuangan dengan lebih bijak.


Simpan secara terpisah untuk sebuah rumah

Menabung bukanlah suatu hal yang mudah, apalagi jika Anda menabung dalam jangka waktu yang lama dan membutuhkan banyak uang. Selalu ada godaan di depan.

Niat dan tekad yang kuat tentu saja tidak cukup. Anda juga harus melindungi diri dengan membuka rekening baru, rekening tabungan khusus keluarga.

Jangan gabungkan tabungan Anda untuk membeli rumah dengan tunjangan bulanan Anda, karena ini akan menyulitkan pengendalian pengeluaran tertentu.

Sebaliknya, dengan memiliki rekening tersendiri, rekening tabungan rumah lebih aman karena mudah dikendalikan. Selanjutnya, yang harus Anda lakukan adalah memantau tabungan Anda dengan cermat.


Tabungan bulan pertama

Tips penting selanjutnya adalah menyisihkan penghasilan untuk tabungan rumah di awal bulan.

Untuk ini, Anda benar-benar harus berkomitmen. Pastikan saat menerima gaji tidak langsung dibelanjakan, namun ingat bahwa Anda mempunyai tabungan keluarga dan harus ditambahkan ke nominal saldo sesuai anggaran.

Jangan menunggu sampai akhir bulan atau sampai Anda memiliki sisa uang untuk ditabung karena mungkin tidak akan berjalan sesuai rencana.

Misalnya, Anda menganggarkan 20% untuk tabungan keluarga, namun Anda tidak menabungnya begitu Anda mendapat gaji, namun akhirnya Anda melupakannya. Alhasil, uang yang seharusnya ditabung untuk perumahan terpakai untuk kebutuhan lain.

Makanya penting menabung di awal bulan agar tidak rugi satu atau dua bulan jika tidak menabung karena sudah terlambat menabung penghasilan.


Jangan lupa berinvestasi

Hanya mengandalkan gaji untuk membeli rumah saja tidak cukup. Itu sebabnya Anda juga membutuhkan investasi untuk meningkatkan penghasilan Anda.

Jika Anda masih baru dalam berinvestasi, Anda bisa memulainya dengan mencari informasi seputar investasi, mulai dari investasi emas, reksa dana, deposito, investasi real estat, hingga investasi peer-to-peer lending.

Anda dapat belajar berinvestasi dengan memulai dari yang kecil dan mencoba memulai dengan jumlah uang yang paling sedikit. Apalagi sekarang sudah banyak tempat investasi yang tidak memerlukan modal besar untuk memulainya. Kamu bisa melakukannya mulai dari sepuluh ribu lho.

Namun pastikan Anda memahami kekurangan dan risikonya sebelum berinvestasi. Atau Anda bisa mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan agen jasa profesional yang dapat memberikan solusi terbaik, atau langsung bertanya kepada teman yang memiliki pengalaman investasi.


Terapkan gaya hidup hemat

Terakhir, empat tips di atas tidak akan berhasil jika Anda masih menjalani gaya hidup freewheeling alias boros. Apalagi jika Anda mempunyai banyak hutang.

Oleh karena itu, untuk memudahkan Anda memiliki rumah, sebaiknya hindari segala bentuk hutang. Dengan cara ini Anda bisa fokus menabung tanpa harus memikirkan utang atau bunganya.

Selain itu, Anda perlu menerapkan gaya hidup hemat agar impian membeli rumah bisa cepat terwujud.

Gaya hidup hemat ini bisa Anda mulai dengan merencanakan pengeluaran bulanan untuk memangkas berbagai pengeluaran yang dirasa kurang efektif.

Melalui disiplin yang ketat, selalu utamakan kebutuhan Anda di atas keinginan Anda. Selain itu, ingatlah bahwa Anda harus berkomitmen pada rencana Anda.


Nah, itulah beberapa tips dan cara yang sangat mudah untuk menghemat uang dalam membeli rumah. Tentu saja proses ini tidak mudah. Hanya karena sulit bukan berarti tidak mungkin, bukan?

Mulailah menabung sekarang dan raih hasilnya nanti. Baiklah, semoga sharing saya kali ini dapat bermanfaat bagi semuanya dan dapat memberikan inspirasi bagi anda yang sudah mau mulai menabung untuk segera membeli rumah.


salam,

Posting Komentar

Posting Komentar